PENGARUH TEORI PEMBELAJARAN KONEKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR TARUNA PADA MATA KULIAH HUMAN FACTOR DI POLITENIK PENERBANGAN SURABAYA

FIRDHAUSSYAH, MUHAMMAD PRATISTA (2022) PENGARUH TEORI PEMBELAJARAN KONEKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR TARUNA PADA MATA KULIAH HUMAN FACTOR DI POLITENIK PENERBANGAN SURABAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA.

[thumbnail of 30319023 - TA.pdf] Text
30319023 - TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sampai saat telah mencipakan kondisi pembelajaran yang lebih memanfaatkan teknologi digital. Dengan kondisi tersebut maka diperlukan sebuah teori pembelajaran alternatif yang cocok dengan era digital saat ini dimana teori pembelajaran konektivisme cocok untuk diterapkan demi memenuhi tuntutan sumber daya manusia yang kompeten dan berkualitas di dunia penerbangan. Pembelajaran mata kuliah Human Factor di Politeknik Penerbangan Surabaya sepenuhnya dilaksanakan secara online yang lebih memanfaatkan penggunaan teknologi. Selain itu karakteristik mata kuliah ini sangat cocok dengan teori pembelajaran konektivisme, dimana materi belajar dari mata kuliah ini bersifat luas, beragam, dapat diterapkan, selalu berkembang, dan up to date sesuai dengan prinsip-prinsip teori pembelajaran konektivisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teori pembelajaran konektivisme terhadap hasil belajar taruna pada mata kuliah Human Factor di Politeknik Penerbangan Surabaya. Adapun hipotesis dari penelitian ini adalah teori konektivisme memberikan pengaruh yang signifikan atau tidak terhadap hasil belajar taruna pada mata kuliah Human Factor di Politeknik Penerbangan Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penentuan samplenya dengan rumus Slovin sejumlah 78 taruna dari populasi 97 taruna. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada sampel kemudian datanya diolah menggunakan uji analisis regresi dan uji korelasi yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji validitas, uji reliabilitas dan uji normalitas. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang didapat kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X (teori pembelajaran konektivisme) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y (hasil belajar taruna pada mata kuliah Human Factor).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan teori pembelajaran konektivisme memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar pada mata kuliah Human Factor di Politeknik Penerbangan Surabaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: konektivisme, hasil belajar, human factor
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: D III Lalu Lintas Udara
Depositing User: Raihan Nugroho alteration
Date Deposited: 12 Jul 2023 08:32
Last Modified: 12 Jul 2023 08:32
URI: https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/1199

Actions (login required)

View Item
View Item