RAHMA, ARNETA INDAH (2022) PENGARUH ATTITUDE AIR TRAFFIC CONTROLLER TERHADAP PELAYANAN LALU LINTAS UDARA DI BANDAR UDARA ISKANDAR PANGKALAN BUN. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA.
![[thumbnail of 30319005 - TA.pdf]](https://repo.poltekbangsby.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
30319005 - TA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh attitude ATC terhadap pelayanan lalu lintas udara du bandar udara Iskandar Pangkalan Bun. Penelitian dilakukan di perum LPPNPI cabang pembantu Pangkalan Bun, ProvinsiKalimantan Tengah pada bulan November 2021 s.d. Maret 2022.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, skala pengukuran menggunakan skala likert, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment yang dilanjutkan dengan uji koefisien determinasi dan regresi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh ATC di TOWER/APP unit yang memiliki license dan rating APP surveillance yang berjumlah 8 orang.
Hasil pada penelitian diketahui nilai signifikansi yaitu 0.000 < 0.05, artinya terdapat korelasi atau hubungan yang signifikan antara variabel Attitude ATC (X) terhadap variabel terikat Pelayanan Lalu Lintas Udara (Y). Hasil uji korelasi antara variabel Attitude ATC (X) terhadap variabel Peningkatan Pelayanan Lalu Lintas Udara (Y) memiliki nilai korelasi 0,938 dengan tingkat korelasi yang kuat / tinggi karena berada pada interval 0,60 – 0,999 dan arah hubungan antara kedua variabel bernilai positif menunjukkan hubungan searah, yang artinya jika variabel Attitude ATC (X) meningkat maka akan diikuti peningkatan Pelayanan Lalu Lintas Udara (Y) begitu pula sebaliknya. Variabel Attitude ATC sebesar 0,252. Koefisien regresi X sebesar 1,020 yang menyatakan bahwa penambahan satu satuan Attitude ATC maka Pelayanan Lalu Lintas Udara akan meningkat sebesar 1,020 satuan. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, artinya apabila Attitude ATC meningkat terus-menerus maka Pelayanan Lalu Lintas Udara akan meningkat. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana diperoleh nilai signifikansi 0,000< 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Di perkuat dengan hasil t hitung 13,015 < 2,306 atau t hitung > t tabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengajuan hipotesis terdapat pengaruh antara Attitude ATC terhadap Pelayanan Lalu Lintas Udar. Dari koefisien determinasi diperoleh nilai R Square yaitu 0.966 yang artinya Attitude ATC 96,6 % sisanya 3,4 % dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ATC, attitude, pelayanan lalu lintas udara, keselamatan penerbangan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | D III Lalu Lintas Udara |
Depositing User: | Raihan Nugroho alteration |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 08:32 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 08:32 |
URI: | https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/1203 |