OPTIMALISASI PENGELOLAAN FASILITAS TERMINAL TERHADAP KENYAMANAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL RADIN INTEN II LAMPUNG

ANNISA, SEPTIANA SITI NUR (2023) OPTIMALISASI PENGELOLAAN FASILITAS TERMINAL TERHADAP KENYAMANAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL RADIN INTEN II LAMPUNG. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA.

[img] Text
PA_30620019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Bandar udara merupakan prasarana yang digunakan untuk menyediakan layanan jasa penerbangan udara salah satunya terminal bandar udara. Terminal bandar udara merupakan tempat di bandar udara dimana penumpang dapat menunggu pesawat yang akan dinaiki maupun menunggu kedatangan pesawat. Bandar Udara Internasional Radin Inten II Lampung merupakan bandar udara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terminal bandar udara Internasional Radin Inten II Lampung sudah dioptimalkan dan sesuai pada aturan yang berlaku. Sehingga dari uraian tersebut penulis mengambil judul “Optimalisasi Pengelolaan Fasilitas Terminal terhadap Kenyamanan Penumpang di Bandar Udara Internasional Radin Inten II Lampung”. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu apa saja fasilitas di Terminal yang menunjang kenyamanan penumpang dan bagaimana optimalisasi pengelolaan fasilitas terminal terhadap kenyamanan penumpang di Bandar Udara Internasional Radin Inten II Lampung. Metode penelitian yang akan digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, dengan melakukan observasi di area terminal bandar udara, wawancara, penyebaran kuesioner dan melakukan studi kepustakaan maupun peraturan yang berlaku serta melakukan dokumentasi terhadap objek penelitian. Pada hasil penelitian masih ditemukan permasalahan bahwa masih ada beberapa fasilitas yang belum sesuai dengan aturan yang berlaku dan ada beberapa fasilitas yang perlu ditingkatkan lagi pengelolaannya dan dapat dioptimalkan lagi untuk dapat meningkatkan kenyamanan penumpang di Bandar Udara Internasional Radin Inten II Lampung. Sehingga kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian ini yaitu perlu adanya pengoptimalan pengelolaan fasilitas pada fasilitas yang belum sesuai aturan dan fasilitas yang dapat meningkatkan kenyamanan penumpang seperti perbaikan fasilitas yang belum sesuai aturan, pengaturan suhu dan memastikan area terminal bersih. Kata kunci : Terminal, fasilitas, kenyamanan, penumpang, band

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Terminal, fasilitas, kenyamanan, penumpang, bandar udara.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: D III Manajemen Transportasi Udara
Depositing User: Raihan Nugroho alteration
Date Deposited: 19 Dec 2023 01:26
Last Modified: 19 Dec 2023 01:26
URI: http://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/1426

Actions (login required)

View Item View Item