Karakteristik Wake Area Akibat Efek Penggunaan Vortex Generator di Belakang Wing Airfoil Naca 43018

Hariyadi, Setyo and Widodo, Wawan Aries Karakteristik Wake Area Akibat Efek Penggunaan Vortex Generator di Belakang Wing Airfoil Naca 43018. 55Karakteristik Wake Area Akibat Efek Penggunaan Vortex Generator di Belakang Wing Airfoil Naca 43018, 4 (1). pp. 1-9.

[img] Text
287-Article Text-469-1-10-20190521Karakteristik Wake Area Akibat Efek Penggunaan Vortex Generator di Belakang Wing Airfoil Naca 43018.pdf - Published Version

Download (627kB)

Abstract

Pada aliran yang melintasi suatu airfoil terdapat fenomena separasi, yakni ketika momentum aliran sudah tidak mampu lagi mengatasi adverse pressure gradien. Selanjutnya separasi ini akan diikuti dengan timbulnya daerah wakepada daerah di belakang airfoilyang mengakibatkan naiknya drag forcedan menurunnya lift force. Untuk mengurangi hal tersebut maka vortex generatordiletakkan pada sisi atas airfoiluntuk mempercepat terbentuknya turbulent boundary layersehingga dapat menunda separasi dan memperkecil daerah wake.Efektivitas dari vortex generatordipengaruhi oleh penempatan, ketinggian, dan interval antar vortex generator. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, dragyang dihasilkan oleh vortex generatoritu sendiri harus dikurangi. Untuk itu profil dari vortex generatoryang digunakan harus sedemikian rupa sehingga dragyang dihasilkan dapat dikurangi tanpa menurunkan performasi dari airfoiltersebut. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh penambahan vortex generatorterhadap unjuk kerja airfoilmelalui metode eksperimen.Tujuan penelitian ini adalah membandingkan karakteristik aliran fluida plain wingdan dengan penambahan vortex generator. Profil vortex generatoryang digunakan adalah flat plate vortex generatordengan konfigurasi straightdan ditempatkan pada x/c= 10% dan 20% arah chord linedari leading edge. Variasi yang digunakan adalah bilangan Reynolds(Re), sudut serang (α) dan peletakan vortex generatorpada airfoil. Kecepatan freestreamyang digunakan yaitu kecepatan 12 m/s atau Re= 7,65 x 105dan kecepatan 17 m/s atau Re= 9 x 105, dan pada sudut serang (α) 0o, 3o, 6o, 9o, 12o, 15o, 19o, dan 20o. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan performansi dariairfoilNACA 43018 dengan penambahanvortex generatordibandingkan dengan tanpa vortex generator. Adanya vortex generator, mempercepat perubahan dari aliranlaminar keturbulen.Separasi dapat tertunda dengan adanyavortex generator.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: airfoilNACA 43018, vortex generator, separasi, wake
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Politeknik Penerbangan
Depositing User: Unnamed user with email repo@poltekbangsby.ac.id
Date Deposited: 21 Dec 2020 03:17
Last Modified: 21 Dec 2020 03:17
URI: http://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/32

Actions (login required)

View Item View Item