TEORI KONTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN LALU LINTAS UDARA DI INDONESIA

Fridyatama, Dimas Arya Soeadyfa and Valguna, Putu Agus and Suparji and Sumbawati, Meini Sondang (2021) TEORI KONTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN LALU LINTAS UDARA DI INDONESIA. Jurnal Penelitian Politeknik Penerbangan Surabaya, 6 (2). pp. 133-141.

[img] Text
561-Article Text-1240-1-10-20210730.pdf - Published Version

Download (371kB)

Abstract

Teori belajar kontruktivisme merupakan proses belajar mengajar yang mengaktifkan pembelajar untuk membangun pengetahuan dan keterampilan melalui pengalamannya secara langsung. Program studi lalu lintas udara menuntut peserta didik untuk memiliki teknik dan solusi yang berbeda-beda dalam menangani masing-masing kasus dalam pemanduan lalu lintas udara yang tentunya tetap didasari dengan faktor keselamatan. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskripsi dimana menganalisa dan menjabarkan hubungan teori konstuktivisme terhadap pembelajaran lalu lintas udara dengan melihat dari pengertian kontruktivisme, hakikat pemanduan lalu lintas udara, hubungan kontruktivisme dan pembelajaran lalu lintas udara serta menghubungkan ciri-ciri pembelajaran konstruktivisme dengan kegiatan pembelajaran lalu lintas udara. Dengan meneliti 72 taruna/siswa lalu lintas udara didapat hasil yaitu terdapat kesesuaian teori konsturktivisme dengan pembelajaran lalu lintas udara yang membutuhkan peran aktif siswa untuk mengembangkan ilmu serta keahliannya dalam memandu lalu lintas udara sehingga dapat menciptakan keselamatan dan keamanan disisi ruang udara.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teori konstruktivisme, pembelajaran lalu lintas udara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Politeknik Penerbangan
Depositing User: Ms PKL 2 S1 Unair
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:32
Last Modified: 19 Jan 2022 02:32
URI: http://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/357

Actions (login required)

View Item View Item