ANALISA IMPLEMENTASI STANDAR OPERASI PROSEDUR (SOP) TERHADAP KINERJA PETUGAS UNIT PELAYANAN JASA PENUMPANG PESAWAT UDARA (PJP2U) DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNO HATTA JAKARTA

M, Kevin Eliezer C and Setiawan, Ariyono and Prasetyo, Kukuh Tri (2019) ANALISA IMPLEMENTASI STANDAR OPERASI PROSEDUR (SOP) TERHADAP KINERJA PETUGAS UNIT PELAYANAN JASA PENUMPANG PESAWAT UDARA (PJP2U) DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNO HATTA JAKARTA. Approach : Jurnal Teknologi Penerbangan, 3 (1). pp. 1-8. ISSN 2548 – 8090

[img] Text
524-Article Text-1045-1-10-20201218.pdf - Published Version

Download (269kB)

Abstract

Pendapatan bandara terdiri dari 2 sisi yaitu dari sisi aeronautical bussines dan dari sisi non aeronautical bussines, pendapatan dari sisi aero yaitu antara lain; PJP4U, PJP2U, Garbarata surcharge, check-in counter, dan dari sisi non aero antara lain; sewa tenant, parkir kendaraan, konsesi, advertisement. Dua sisi ini yang merupakan sumber dari pendapatan suata bandara, bisa dikatakan jika unit ini sangat penting untuk mengelola pendapatan suatu bandara agar dapat meningkatkan sisi komersial bandara tersebut.Unit PJP2U yang menangani masalah mengenai pelayanan penumpang dan salah satunya yaitu PSC (Passenger Service Charge) masih menggunakan cara kerja yang sebagian menggunakan sistem namun sebagian masih menggunakan cara manual, yaitu salah satunya dengan menggunakan hardcopy passenger manifest yang menyebabkan menumpuknya kertas-kertas manifest tersebut di kantor PSC. Dan tentunya cara tersebut tidak efisien dengan dibandingkan dengan menggunakan sistem yang terintegrasi dengan pihak Airlines. Penelitian ini dilaksanakan di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta, pada bulan April – Juni tahun 2018 dengan petugas unit PSC sebagai populasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan sistem yang terintegrasi tersebut dapat membantu dan membuat pekerjaan petugas unit PSC bisa lebih efisien, dan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar Ahli Madya (A.Md) pada program studi Diploma III Manajemen Transportasi Udara, Politeknik Penerbangan Surabaya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi langsung dilapangan, kuisioner, wawancara, dan studi kepustakaan. Dan metode pengolahan data yang akan digunakaan yaitu dengan bantuan dari program Statistical Product and Service Solution (SPSS)

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PJP2U, PSC, Passenger Manifest
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Ms PKL 2 S1 Unair
Date Deposited: 18 Feb 2022 01:51
Last Modified: 18 Feb 2022 01:51
URI: http://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/386

Actions (login required)

View Item View Item