ANALISA TINGKAT PELAYANAN CHECK-IN DI TERMINAL KEBERANGKATAN DOMESTIK BANDAR UDARA ADISUTJIPTOYOGYAKARTA TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG

Putri, Kunthari Adzani and Soegiri, Hary and Asj'ari, Rachmadita Firdauzy (2019) ANALISA TINGKAT PELAYANAN CHECK-IN DI TERMINAL KEBERANGKATAN DOMESTIK BANDAR UDARA ADISUTJIPTOYOGYAKARTA TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG. Approach : Jurnal Teknologi Penerbangan, 3 (1). pp. 1-7. ISSN 2548 – 8090

[img] Text
525-Article Text-1053-1-10-20201218.pdf - Published Version

Download (447kB)

Abstract

Industri jasa penerbangan di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Semakin banyaknya persaingan dalam industri penerbangan semakin banyak pula alternatif pilihan barang atau jasa yang ditawarkan salah satunya yaitu menawarkan konsep “Low Cost Carrier”. Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta merupakan bandara yang cukup tinggi tingkat pelayanan terhadap arus penumpang dan barang. Setiap tahun arus penumpang dan barang semakin meningkat namun hal tersebut tidak sebanding dengan jumlah Check in Counter yang ada. Perlu dilakukan perhitungan jumlah Check in Counter yang dibutuhkan untuk menghindari antrian panjang penumpang saat Check-in sehingga penumpang puas dengan pelayanan tersebut. Metodologi penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Data diperoleh dari observasi langsung, survey, kuisioner dan studi kepustakaan. Untuk metode analisa menggunakan bantuan aplikasi SPSS yang didalamnya terdapat uji validitas, uji reliabilitas dan uji regresi. Hasil penelitian ini adalah penumpang kurang puas dengan pelayanan check-in di Terminal Keberangkatan Domestik Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta karena luas area check-in dan jumlah check-in counter yang tersedia belum bisa melayani penumpang dengan maksimal. Kinerja pelayanan check-in counter belum sesuai dengan standar yaitu 0,5 dalam kategori “D” dimana tingkat layanan dan kenyamanan cukup, pergerakan/arus tidak stabil, keterlambatan dapat diterima.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: check-in area, check-in counter, SPSS, waktu pelayanan, pelayanan penumpang
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: D III Manajemen Transportasi Udara
Depositing User: Ms PKL 2 S1 Unair
Date Deposited: 18 Feb 2022 01:51
Last Modified: 18 Feb 2022 01:51
URI: http://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/388

Actions (login required)

View Item View Item