IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN VIRTUAL LABORATORY (PRAKTIKUM ROBOTIKA) DENGAN CIRCUIT WIZARD SAAT PANDEMI COVID-19

Hadi, Muhammad Lukman (2019) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN VIRTUAL LABORATORY (PRAKTIKUM ROBOTIKA) DENGAN CIRCUIT WIZARD SAAT PANDEMI COVID-19. Approach : Jurnal Teknologi Penerbangan, 3 (2). pp. 1-7. ISSN 2548 – 8090

[img] Text
527-Article Text-1083-1-10-20201218.pdf - Published Version

Download (448kB)

Abstract

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai bagaimana cara pembelajaran praktikum di saat pandemi covid-19. Praktikum robot Line Follower dengan aplikasi circuit wizard ini menggunakan metode blanded learning sehingga peserta didik mampu berkreasi dan berinovasi lewat daring dengan kombinasi luring. Robot ini merupakan jenis otomasi peralatan yang bisa mengikuti pergerakan alah jalur melalui sensor yang akan dibuat dalam perangkat elektronik. Kita tau bahwa saat pandemi ini khususnya di pembelajaran praktikum SMK untuk tatap muka sangatlah terbatas. Dengan adanya solusi ini diharapkan mampu melatih dan berelaborasi antara guru dan siswa dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Di dalam rangkaian Line Follower terdapat 3 bagian utama, yaitu bagian sensor, komparator dan driver. Untuk bagian sensor digunakan photodioda sebagai sensor cahaya, sedangkan komparatornya menggunakan IC LM 324 sebagai pembanding tegangan dan untuk drivernya digunakan 2 buah motor sebagai penggerak rodanya. Hasil uji coba rangkaian Line Follower ini menunjukkan performa yang mampu berjalan di beberapa medan, diantaranya medan lurus, belok, naik, dan menurun. Kata kunci: metode pembelajaran, virtual laboratory, circuit wizard

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, virtual laboratory, circuit wizard
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Depositing User: Ms PKL 2 S1 Unair
Date Deposited: 02 Feb 2022 07:32
Last Modified: 02 Feb 2022 07:32
URI: http://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/408

Actions (login required)

View Item View Item