PENGARUH CUACA TERHADAP PERUBAHAN NILAI VSWR PADA PERALATAN PEMANCAR RADIO VHF A/G DI BANDAR UDARA SYAMSUDIN NOOR BANJARMASIN

Agustina, Henidar Tenty (2019) PENGARUH CUACA TERHADAP PERUBAHAN NILAI VSWR PADA PERALATAN PEMANCAR RADIO VHF A/G DI BANDAR UDARA SYAMSUDIN NOOR BANJARMASIN. In: SEMINAR NASIONAL INOVASI TEKNOLOGI PENERBANGAN (SNITP) TAHUN 2019, 2019.

[img] Text
343-Article Text-575-1-10-20191129.pdf - Published Version

Download (342kB)

Abstract

Peralatan Very High Frequency Air Ground Communication (VHF-A/G) merupakan salah satu dari fasilitas telekomunikasi penerbangan yang mempunyai fungsi sebagai sarana komunikasi petugas pemandu lalu lintas penerbangan di suatu unit pelayanan lalu lintas penerbangan (Air Traffic services) dengan pilot pesawat udara. Berdasarkan perfomance check dan metereading yang dilakukan teknisi setiap bulan sering terjadi penurunan kinerja pada pemancar VHF A/G disebabkan perubahan cuaca yang diduga mempengaruhi nilai VSWR sehingga jarak jangkauan menurun bahkan terputus. Adanya gangguan atau kerusakan pada pemancar mengakibatkan komunikasi ATC dengan pilot menjadi terganggu dan tidak maksimal. Dari uraian dan permasalahan diatas maka penulis mencoba mengadakan suatu analisis dengan melakukan pengamatan cuaca dan dampaknya terhadap perubahan nilai VSWR. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan menganalisa perubahan VSWR yang tidak sesuai standar peralatan pemancar VHF A/G. Perubahan nilai VSWR dikarenakan pengaruh cuaca yang menyebabkan perubahan propagasi. Perubahan cuaca spesifik yang menggakibatkan gangguan pada konektor kabel coaxial pada antenna, sehingga terjadi bak contact yang menyebabkan menurunnya koneksi antara konektor dan antena sehingga daya yang dihasilkan transmitter tidak bisa dipancarkan secara maksimal oleh antena. Jadi VSWR yang sangat tinggi atau di atas toleransi terjadi pada kondisi cuaca hujan petir dan itu berarti untuk kondisi mendung dan kondisi hujan, koneksi sistem peralatan pemancar dalam mengkomunikasikan informasi mengalami alarm. Kata kunci : Very High Frequency, Air Traffic services, ATC.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Very High Frequency, Air Traffic services, ATC.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > T Technology (General)
Divisions: D III Teknik Navigasi Udara
Depositing User: Ms PKL 2 S1 Unair
Date Deposited: 18 Feb 2022 01:54
Last Modified: 18 Feb 2022 01:54
URI: http://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/470

Actions (login required)

View Item View Item