PERENCANAAN PEMBUATAN TURN PAD AREA DI UJUNG RUNWAY 30 DI BANDAR UDARA DEPATI PARBO KERINCI

ALDAMA, REZA (2021) PERENCANAAN PEMBUATAN TURN PAD AREA DI UJUNG RUNWAY 30 DI BANDAR UDARA DEPATI PARBO KERINCI. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA.

[img] Text
30718042-TA-PUB.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bandara Depati Parbo adalah bandar udara yang terletak di Desa Hiang, Kecamatan Sitinjau Laut, Kabupaten Kerinci, Jambi. Bandar Udara Depati Parbo Kerinci merupakan kelas III. Bandara ini memiliki panjang 1.800 m dan lebar 30 m. Pada saat ini penerbangan dari Bandara Depati Parbo di layani oleh pesawat ATR 72 milik maskapai Wings Air. Sampai saat ini pesawat yang paling besar yang pernah beroperasi adalah ATR 72-600. Turn pad area merupakan tempat perputaran 180 derajat , yang juga berguna apabila di sediakan di beberapa area sepanjang runway untuk mengurangi waktu taxing dan jarak tempuh pesawat yang tidak memerlukan seluruh runway. Untuk saat ini Bandar Udara Depati Parbo Kerinci sedang ada pekerjaan pengembangan bandara seluas 4 hektar. Agar sesuai dengan regulasi maka akan di buat turnpad area pada ujung runway 30 agar pesawat yang turning dapat berputar pada turnpad dan tidak melakukan one wheel lock pada runway yang dapat merusak perkerasan runway tersebut. Metode merencakan tebal perkerasan yang digunakan yaitu International Civil Aviation Organization (ICAO) dan Federal Aviation Administration Metode tebal perkerasan yang digunakan yaitu International Civil Aviation Organization (ICAO) dan Federal Aviation Administration (FAA) yang dilakukan dengan perhitungan Manual (AC 150-5320 6D) dan software FAARFIELD (AC 150-5320 6F), sedangkan untuk menghitung PCN menggunakan software COMFAA (AC150- 5335-5C). Dari hasil perencanaan menggunakaan metode koreksi FAARFIELDCOMFAA diketahui untuk tebal total perkerasan adalah 18,9 inch. Ini termasuklapisan permukaan (surface) 4 inch, lapis pondasi atas (Base Course) 6 inch, dan lapis pondasi bawah (Subbase) 8,9 inch.Nilai PCN yang di dapat 13,2, nilai ACN 13 dan CDF 0,9069. Perhitungan RAB untuk pembuatan turn Pad area sebesar Rp. 277,857,000.00 Kata kunci :Turn pad area, Flexible Pavement, FAA manual, faarfield, comfaa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Turn pad area, Flexible Pavement, manual FAA, faarfield, comfaa
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: D III Teknik Bangunan dan Landasan
Depositing User: Mr Perpustakaan Poltekbang Surabaya
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:48
Last Modified: 28 Nov 2022 06:48
URI: http://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/830

Actions (login required)

View Item View Item