PENERAPAN ELECTRONIC FLIGHT PROGRESS STRIP DALAM KINERJA AIR TRAFFIC CONTROLLER DI PERUM LPPNPI KANTOR CABANG KUPANG

BAIDHOWI, FADHILLAH YAUMA IHSAN (2021) PENERAPAN ELECTRONIC FLIGHT PROGRESS STRIP DALAM KINERJA AIR TRAFFIC CONTROLLER DI PERUM LPPNPI KANTOR CABANG KUPANG. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA.

[img] Text
30318007-TA-PUB.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Paper Flight Progress Strip adalah selembar kertas kecil dimana seorang Air Traffic Controller mencatat data-data penting yang didapat dari pilot selama penerbangan. Data penting yang tercatat dalam paper fps antara lain: callsign, tipe pesawat, dari/tujuan, ketinggian jelajah dan data penting lainnya. Seiring dengan kemajuan teknologi, muncul inovasi Electronic Flight Progress Strip / E-strip menggantikan posisi paper strip. Perum LPPNPI Kantor Cabang Kupang adalah salah satu bandara yang digunakan sebagai tempat penerapan E-strip. Sistem E-strip saat ini dioperasikan melalui komputer dan diakses melalui Google Chrome Hal ini menyebabkan sistem E-strip masih harus di reset dalam kurun waktu tertentu untuk menghindari proses loading computer dan jaringan internet yang lebih lama. Belum adanya legalitas dan regulasi terkait E-strip menjadikan E-strip belum bisa digunakan secara resmi sehingga LOCA (letter of operational coordination agreement) E-strip juga belum dapat dibuat. Penerapan E-strip terdapat pada Rekomendasi International Civil Aviation Organization (ICAO) dalam dokumen Asia Pasific Seamless ATM Plan V2.0 2016 chapter 5 poin 73 yaitu ”beralih dari kertas ke elektronik yang terhubung ke dalam sistem FDPS atau langsung menginput data ke ASD mendukung perubahan ini. Penggunaan Paper Flight Progress Strip dapat meningkatkan kesalahan transkrip / ketidakcocokan data.” Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif menekankan pada deskripsi secara alami dan apa adanya, maka dengan sifatnya ini dituntut keterlibatan secara langsung di lapangan dalam melakukan pengamatan. Sementara penelitian kuantitatif adalah penelitian yang digunakan untuk memperoleh data berupa angka. Metode pengumpulan data yang penulis lakukan adalah observasi dan kuesioner, serta menggunakan instrumen penelitian berupa skala likert. Penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara Pengoptimalan Electronic Flight Progress Strip (E-strip) dalam kinerja Air Traffic Controller koefisien sebesar 55%, artinya bahwa Pengoptimalan Electronic Flight Progress Strip (E-strip) dalam kinerja Air Traffic Controller Perum LPPNPI Kantor cabang Kupang adalah sebesar 55%% dan 45% sisanya ditentukan oleh faktor-faktor lain dalam hal ini tidak diteliti oleh penulis. Kata kunci : Electronic flight progress strip, Kinerja Air Traffic Controller, Legalitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Electronic flight progress strip, Performance of Air Traffic Controller, Legality
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: D III Lalu Lintas Udara
Depositing User: Mr Penerbangan Surabaya Politeknik
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:54
Last Modified: 05 Jan 2023 07:54
URI: http://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/988

Actions (login required)

View Item View Item