OPTIMALISASI PENGELOLAAN FASILITAS TERMINAL TERHADAP KENYAMANAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL RADIN INTEN II LAMPUNG
ANNISA, SEPTIANA SITI NUR (2023) OPTIMALISASI PENGELOLAAN FASILITAS TERMINAL TERHADAP KENYAMANAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL RADIN INTEN II LAMPUNG. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA.
PA_30620019.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Bandar udara merupakan prasarana yang digunakan untuk menyediakan
layanan jasa penerbangan udara salah satunya terminal bandar udara. Terminal
bandar udara merupakan tempat di bandar udara dimana penumpang dapat
menunggu pesawat yang akan dinaiki maupun menunggu kedatangan pesawat.
Bandar Udara Internasional Radin Inten II Lampung merupakan bandar udara yang
dikelola oleh PT Angkasa Pura II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
terminal bandar udara Internasional Radin Inten II Lampung sudah dioptimalkan
dan sesuai pada aturan yang berlaku. Sehingga dari uraian tersebut penulis
mengambil judul “Optimalisasi Pengelolaan Fasilitas Terminal terhadap
Kenyamanan Penumpang di Bandar Udara Internasional Radin Inten II Lampung”.
Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu apa saja fasilitas
di Terminal yang menunjang kenyamanan penumpang dan bagaimana optimalisasi
pengelolaan fasilitas terminal terhadap kenyamanan penumpang di Bandar Udara
Internasional Radin Inten II Lampung. Metode penelitian yang akan digunakan
yaitu metode deskriptif kualitatif, dengan melakukan observasi di area terminal
bandar udara, wawancara, penyebaran kuesioner dan melakukan studi kepustakaan
maupun peraturan yang berlaku serta melakukan dokumentasi terhadap objek
penelitian.
Pada hasil penelitian masih ditemukan permasalahan bahwa masih ada
beberapa fasilitas yang belum sesuai dengan aturan yang berlaku dan ada beberapa
fasilitas yang perlu ditingkatkan lagi pengelolaannya dan dapat dioptimalkan lagi
untuk dapat meningkatkan kenyamanan penumpang di Bandar Udara Internasional
Radin Inten II Lampung. Sehingga kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian
ini yaitu perlu adanya pengoptimalan pengelolaan fasilitas pada fasilitas yang
belum sesuai aturan dan fasilitas yang dapat meningkatkan kenyamanan
penumpang seperti perbaikan fasilitas yang belum sesuai aturan, pengaturan suhu
dan memastikan area terminal bersih.
Kata kunci : Terminal, fasilitas, kenyamanan, penumpang, band
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Terminal, fasilitas, kenyamanan, penumpang, bandar udara. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | D III Manajemen Transportasi Udara |
Depositing User: | Raihan Nugroho alteration |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 01:26 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 01:26 |
URI: | https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/1426 |