PENGARUH KINERJA PERSONEL GROUND HANDLING PT. KOKAPURA DALAM MENANGANI ARRIVAL BAGGAGE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG

NINGRUM, SALSABELLA INDAH WIDATIN (2021) PENGARUH KINERJA PERSONEL GROUND HANDLING PT. KOKAPURA DALAM MENANGANI ARRIVAL BAGGAGE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA.

[thumbnail of 30618021-TA-PUB.pdf] Text
30618021-TA-PUB.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Dengan meningkatnya jumlah permintaan jasa angkutan udara, banyak
perusahaan-perusahaan penerbangan bersaing untuk meningkatkan mutu dan citra
perusahaannya. Ground handling agent membantu perusahaan maskapai dalam
segala urusan operasional pesawat pada saat fase pre flight dan post flight, hal
tersebut pun mempengaruhi tingkat kepuasaan penumpang dalam menggunakan
jasa penerbangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa puas
penumpang akan pelayanan yang diberikan maskapai melalui ground handling
pada saat arrival handling.

Objek penelitian ini yaitu penumpang pesawat udara yang dinaungi oleh
Ground Handling PT. Kokapura dengan mengambil 400 sempel penumpang.
Ground Handling PT. Kokapura menangani pelayanan operasional pesawat udara
tersebut meliputi Lion Air, Batik Air, Wings Air, Sriwijaya Air, dan Nam Air.
Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dimana penelitian yang
dilakukan memperoleh data berbentuk angka yang kemudian hasil yang diperoleh
tersebut diolah menggunakan aplikasi statistik berupa SPSS dan Minitab. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuesioner, studi kepustakaan
dan instrumen penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan metode
observasi, kuesioner, dan studi kepustakaan.
Hasil akhir yang dicapai dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja
personel ground handling mempengaruhi tingkat kepuasan penumpang selain itu
kepuasan penumpang dipengarui juga oleh pelayanan yang diberikan pihak ground
handling kepada penumpang. Penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil
yang menunjukkan bahwa kinerja personel ground handling PT. Kokapura
mempengarui tingkat kepuasan penumpang sebesar 45,4%. Sementara itu sisanya
di pengaruhi faktor lain diluar penelitian.

Kata kunci : kinerja personel, kepuasan penumpang, arrival baggage, ground
handling, pelayanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kinerja personel, kepuasan penumpang, arrival baggage, ground handling, pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: D III Manajemen Transportasi Udara
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2023 04:49
Last Modified: 21 Jun 2023 04:49
URI: https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/1052

Actions (login required)

View Item
View Item