RIYADI, RIDWAN RIFKI (2022) PENGARUH TAMBAHAN ZAT MAGNESIUM TERHADAP SIFAT MEKANIS ALLUMINIUM ALLOY 1100 DENGAN WAKTU 120 MENIT AGING DAN VARIASI TEMPERATUR. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA.
30419017-TA-PUB.pdf
Download (2MB)
Abstract
Allumunium alloy banyak digunakan pada industri penerbangan sebagai
bahan material dasar struktur pesawat terbang karena memiliki sifat ringan dan
kekuatannya mudah dibentuk, tetapi untuk mendapatkan sifat mekanis yang baik
pada alumunium perlu ditambahkan beberapa paduan. Jadi dibutuhkan paduan
alumunium yang tepat agar dapat memenuhi kebutuhan bahan baku paduan
alumunium untuk industri penerbangan. Dengan variasi aging dan temperatur
dapat meningkatkan sifat mekanis dari alumunium alloy 1100.
Pengujian dilakukan dengan cara melebur alumunium alloy 1100
kemudian dengan pencampuran kandungan kimia untuk kandungan magnesium
setelah itu dilakukan variasi aging dan temperatur. Setelah dilakukan aging dan
variasi temperatur dilakukan uji tarik, uji kekerasan Vickers, dan uji impact dari
alumunium alloy 1100.
Hasil akhir yang dicapai dari penelitian ini yaitu pada pengujian Tarik
didapat hasil tertinggi pada campuran zat magnesium (Mg) 5% dengan suhu
350℃ serta 120 menit aging dengan nilai 345,69 MPa. Penambahan zat
magnesium juga meningkatkan sifat mekanis dari segi ketangguhan dan kekerasan
material, terlebih dilakukannya proses aging pada material. Pada pengujian
Vickers didapat nilai kekerasan rata-rata tertinggi pada campuran magnesium 5%
suhu 350℃ dengan nilai 34,01 HVN. Lalu pada uji impact diperoleh nilai
ketangguhan tertinggi pada campuran magnesium 4% dengan suhu 350℃ dengan
nilai 0,0131 J/mm².
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Allumunium alloy, aging, sifat mekanis, magnesium |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | D III Teknik Navigasi Udara D III Teknik Pesawat Udara |
Depositing User: | Raihan Nugroho alteration |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 03:20 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 03:20 |
URI: | https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/1313 |