HAITAMY, TSALBY SYAYID KUNUZIS LAIL (2022) PENGARUH PENCAMPURAN BAHAN BAKAR PERTAMAX DAN LOW ETHANOL DENGAN VARIASI PISTON PADA ENGINE SATU CYLINDER. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA.
30419046-TA-PUB.pdf
Download (2MB)
Abstract
Dalam beberapa tahun mendatang kebutuhan dunia akan energi fosil seperti
batu bara, minyak bumi dan gas akan meningkat. Disamping itu cadangan energi
fosil semakin berkurang. Hal ini disebabkan oleh berkembangnya angka
kendaraan bermotor yang ada. Diciptakannya energi terbarukan dan alternatif saat
ini merupakan langkah untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Ethanol
adalah salah satu sumber bahan bakar alternatif itu yang berasal dari tumbuhan
atau sumber nabati. Oktan tinggi yang terdapat dalam ethanol dapat dimanfaatkan
sebagai campuran dari bahan bakar ataupun sebagai bahan bakar itu sendiri.
Penelitian ini dilakukan agar mengetahui pengaruh dari penggunaan ethanol
terhadap daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar dari satu engine.dalam
pelaksanaan penelitian ini yang diperlukan merupakan bahan bakar, ethanol,
piston variasi modifikasi dan alat untuk melaksanakan pengujian dan memperoleh
data yaitu Dynotest. Engine akan diamati perubahannya pada aspek daya,torsi, dan
konsumsi bahan bakar dengan menggunakan penambahan ethanol dan pertamax
pada piston variasi modifikasi. Persentase campuran ethanol yaitu mengambil low
ethanol yaitu 5%,10%,15%,20%.
Hasil akhir penelitian untuk daya(hp), dan torsi(Nm), didapat pada saat
menggunakan piston variasi dengan kompresi rasio 10,1:1 dengan daya tertinggi
9,0 HP, torsi tertinggi 22,17Nm, dan efisiensi bahan bakar terbaik didapat pada
saat menggunakan piston standart dengan kompresi rasio 9,4:1 diangka 0,27 ml/s.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | piston, daya, torsi, bahan bakar, pertamax |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | D III Teknik Pesawat Udara |
Depositing User: | Raihan Nugroho alteration |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 06:20 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 06:20 |
URI: | https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/1333 |