RAMANDIKA, NADIA PUTRI (2022) PENGARUH ASAM CLORIDA TERHADAP LAJU KOROSI ALUMUNIUM 2024-T3 DENGAN VARIASI PERLAKUAN PANAS. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA.
30419065-TA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Korosi merupakan proses terjadinya kerusakan pada material terutama pada
logam di pesawat, akibatnya jika logam bereaksi di lingkungan sekitarnya.
Korosi ini dapat mengakibatkan kerusakan fatal pada struktur pesawat dan bisa
menyebabkan kecelakaan. Pengoperasian pesawat dengan perbedaan suhu maupun
cuaca di darat maupun di udara dan berpindah daerah dari kota ke kota lain .
Struktur pesawat terbang memiliki material yang rentan terjadinya korosi.
Pengujian yang dilakukan dengan cara Aluminum Alloy 2024-T3 di heat
treatment pada suhu 200°C dengan waktu tahan 1 jam, 2 jam,dan 3 jam
kemudian diquenching menggunakan air selama 5 menit .Setelah dilakukan heat
treatment dan quenching Aluminum Alloy 2024-T3 di rendam selama 24 jam, 48
jam, 96 jam, 144 jam, dan 168 jam pada media korosi asam clorida . Metode yang
digunakan adalah metode weight loss dan elektrokimia.
Berdasarkan hasil perhitungan laju korosi untuk material tanpa menggunakan
perlakuan panas selama 168 jam sebesar 576,18 mpy. Sedangkan untuk material
menggunakan perlakuan panas selama 168 jam pada suhu 200°C selama 3 jam
sebesar 492,46 mpy terjai perurunan laju korosi sebesar 14,54%. Didapatkan
hasil bahwa semakin lama waktu perendaman semakin cepat laju korosi spesimen
dan spesimen yang mendapatkan perlakuan panas hasil laju korosi lebih rendah
dibandingkan dengan spesimen yang tidak mendapatkan perlakuan panas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aluminum Alloy 2024-T3, Asam Klorida, Heat Treatment, Quenching, Aging |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | D III Teknik Pesawat Udara |
Depositing User: | Raihan Nugroho alteration |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 03:31 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 03:31 |
URI: | https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/1351 |