PENGARUH JUMLAH PENUMPANG BERANGKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN CUSTOMER SERVICE OFFICER (CSO) DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL KUALANAMU MEDAN

CYNTHYA, RAHMA AURA PUTRY (2023) PENGARUH JUMLAH PENUMPANG BERANGKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN CUSTOMER SERVICE OFFICER (CSO) DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL KUALANAMU MEDAN. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA.

[thumbnail of PA_30620018.pdf] Text
PA_30620018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 yang semakin membaik disertai dengan tidak ketatnya
lagi aturan bagi pengguna jasa penerbangan berdampak juga terhadap jumlah
penumpang yang terus meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah jumlah penumpang berangkat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan
Customer Service Officer (CSO) di Bandar Udara Internasional Kualanamu Medan.
Metode penelitian yang digunakan adalah analisis uji regresi linier sederhana.
Penentuan sampelnya diambil dengan total 10 orang petugas Customer Service
Officer (CSO). Teknik pengumpulan data menggunakan form skor penilaian oleh
customer service supervisor kemudian data akan diolah menggunakan uji analisis
regresi linier sederhana menggunakan aplikasi Statistical Package for the Social
Sciences (SPSS).
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh angka signifikan F hitung 0,000 <
0.05 dan nilai R Square 0,961yang mengandung pengertian bahwa pengaruh
variabel X (jumlah penumpang) terhadap variabel Y (kualitas pelayanan Customer
Service Officer (CSO)) adalah sebesar 96,1%. Dengan hasil persamaan regresi
sederhananya adalah Y = 1.065.632,914 – 10.269,492X yang artinya bahwa jumlah
penumpang memiliki pengaruh negatif terhadap kualitas pelayanan Customer
Service Officer (CSO) di Bandar Udara Internasional Kualanamu Medan. Customer
Service Officer (CSO) dapat meningkatkan dan menjaga kualitas pelayanan yang
diberikan kepada penumpang tanpa dipengaruhi oleh banyaknya jumlah
penumpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kualitas, Customer Service Officer, CSO, jumlah penumpang
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: D III Manajemen Transportasi Udara
Depositing User: Raihan Nugroho alteration
Date Deposited: 19 Dec 2023 01:25
Last Modified: 19 Dec 2023 01:25
URI: https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/1425

Actions (login required)

View Item
View Item