Mufidah, Aizatul and Setiawan, Ariyono and Moonlight, Lady Silk (2019) ANALISA PELAYANAN JASA PEMAKAIAN GARBARATA TERHADAP KEPUASAN MASKAPAI PENERBANGAN DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNO – HATTA. Approach : Jurnal Teknologi Penerbangan, 3 (28). pp. 8-16. ISSN 2548 – 8090
528-Article Text-1091-1-10-20201218.pdf - Published Version
Download (289kB)
Abstract
Jasa Kebandarudaraan adalah jasa yang diberikan kepada pengguna jasa bandar udara oleh penyelenggara bandar udara. Bisnis Bandara terbagi dalam bidang usaha Jasa Aeronautika dan Jasa Non Aeronautika. Jasa Aeronautika merupakan bidang jasa yang berhubungan langsung dengan kegiatan penerbangan, meliputi: Pelayanan Jasa Pendaratan Penempatan dan Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U), Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U), Pelayanan Jasa Pemakaian Garbarata (Aviobridge), Pelayanan Jasa Pemakaian Konter (Check In Counter). Pelayanan Jasa Pemakaian Garbarata menjadi salah satu pemasukan besar dan pelayanan tersebut dibutuhkan karena fungsi Garbarata yaitu mempermudah akses penumpang dari terminal ke pesawat udara atau sebaliknya.
Unit komersial yang menangani bisnis Aeronautika pada bidang pelayanan jasa pemakaian Garbarata harus meng-input data waktu docking/undocking dari Aviobridge Utilization Sheet yang dicatat oleh operator Garbarata ke dalam aplikasi Operating & Services Data System (OASys). Selanjutnya dikalkulasikan dengan tarif berdasarkan limitasi berat Maximum Take Off Weight (MTOW) pesawat, jumlah Garbarata yang digunakan dan lama pemakaian. Dari hasil tersebut pihak maskapai atau perusahaan angkutan yang menggunakan jasa pemakaian Garbarata membayarkan jumlah tagihan biaya yang sesuai dengan hasil perhitungan.
Tagihan biaya tersebut masih mengalami ketidaksamaan antara waktu pemakaian Garbarata yang tercatat pada sistem dengan Aviobridge Utilization Sheet sehingga lama pemakaian tidak sesuai dan limitasi MTOW pesawat yang menggunakan Garbarata terlambat di-update kepada pihak perusahaan PT. Angkasa Pura II dan menyebabkan pihak maskapai/airlines komplain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan jasa pemakaian Garbarata terhadap maskapai penerbangan, serta memberi solusi agar tidak terjadi komplain atas ketidaksamaan biaya yang dibayarkan oleh maskapai sehingga pelayanan ini memberi kepuasaan dan kepercayaan bagi pengguna jasa. Data diperoleh dari observasi langsung, kuesioner dan studi kepustakaan. Untuk metode analisa menggunakan metode deskriptif kuantitatif.
Kata Kunci : Pelayanan Jasa Pemakaian Garbarata, Tarif, Bisnis Komersial, Maskapai
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Jasa Pemakaian Garbarata, Tarif, Bisnis Komersial, Maskapai |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Ms PKL 2 S1 Unair |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 07:32 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 07:32 |
URI: | https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/410 |