Indhana, Ardi Putra and Sujanto, Sujanto and Setiyo, Setiyo (2019) PERBANDINGAN KONSUMSI BAHAN BAKAR (TOTAL BURN-OFF) ENGINE CFM56-7B PADA PESAWAT BOEING 737-800NG DAN ENGINE CFM LEAP-1B PADA PESAWAT BOEING 737 MAX 8. In: SEMINAR NASIONAL INOVASI TEKNOLOGI PENERBANGAN (SNITP) TAHUN 2019, 2019.
453-Article Text-750-1-10-20191129.pdf - Published Version
Download (315kB)
Abstract
Engine CFM56-7B pada pesawat Boeing 737-800NG adalah engine yang paling banyak digunakan oleh maskapai Indonesia. Semakin tumbuhnya industri penerbangan membuat pabrikan pesawat Boeing mengembangkan Boeing 737800NG menjadi Boeing 737 MAX 8 dengan mengganti engine yang diklaim paling irit yaitu CFM LEAP-1B yang dapat mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 15% dari engine sebelumnya. Penulis ingin mengetahui konsumsi rata-rata bahan bakar kedua engine CFM56-7B dan CFM LEAP-1B pada penerbangan seperti tujuan dari bandara Soekarno-Hatta Cengkareng (CGK) menuju bandara Juanda Surabaya (SUB) untuk mengetahui berapa persen pengurangan sesungguhnya dari rata-rata konsumsi bahan bakar berdasarkan Aircraft Flight Log. Dengan melakukan penelitian untuk konsumsi bahan bakar engine CFM567Bm dan CFM LEAP-1B pada pesawat Boeing 737-800NG dan Boeing 737 MAX 8 menunjukan bahwa rata-rata konsumsi serta biaya yang harus dikeluarkan pihak maskapai terhadap bahan bakar yang digunakan pada kedua jenis pesawat tersebut lebih irit dengan menggunakan Boeing 737 MAX 8 dengan perbedaan 12,8% dari jenis Boeing 737-800NG.
Kata Kunci: konsumsi bahan bakar, engine CFM56-7B, engine CFM LEAP-1B.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konsumsi bahan bakar, engine CFM56-7B, engine CFM LEAP-1B. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | D III Teknik Pesawat Udara |
Depositing User: | Ms PKL 2 S1 Unair |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 01:49 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 01:49 |
URI: | https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/548 |