ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN TRIANGULAR DAN TRAPEZOIDAL VORTEX GENERATOR TERHADAP ALIRAN UDARA PADA TAIL BOOM HELIKOPTER BO 105

SAPUTRA, IVAN GUNTARA AJI (2021) ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN TRIANGULAR DAN TRAPEZOIDAL VORTEX GENERATOR TERHADAP ALIRAN UDARA PADA TAIL BOOM HELIKOPTER BO 105. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA.

[thumbnail of 30418015-TA-PUB.pdf] Text
30418015-TA-PUB.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tail boom adalah salah satu bagian struktur belakang helikopter yang
berbentuk silinder. Tail boom menerima pengaruh aliran udara dari hasil putaran
rotor blade untuk menghasilkan gaya angkat (lift). Dengan bagian tail boom yang
berbentuk silinder, dapat menyebabkan terjadinya titik separasi pada aliran udara
yang melewati bagian tail boom tersebut. Sehingga diberikan pengembangan
sedemikian rupa agar tail boom tidak menghambat performa aerodinamik dalam
menghasilkan gaya angkat (lift). Dalam penelitian ini, analisa karakteristik
aerodinamika dilakukan dengan mengkaji pendistribusian aliran udara di sepanjang
bagian tail boom helikopter untuk mengetahui distribusi aliran dan gaya yang
terjadi di sekitar tail boom helikopter. Analisis dilakukan dengan cara simulasi
aliran udara yang mengalir pada tail boom BO 105 menggunakan software ANSYS.
Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui perbedaan karakteristik
penggunaan vortex generator dengan membandingkan beberapa variasi bentuk
vortex generator pada tail boom BO 105.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis simulasi pada
benda uji tail boom BO 105 yang diberi variasi bentuk vortex generator yang
berbeda yaitu triangular vortex generator dan trapezoidal vortex generator dengan
panjang 10 mm, tinggi 5 mm, tebal 1 mm, pemasangan counter rotating sudut 15°,
jarak sepasang vortex generator 45 mm, jarak antar sepasang vortex generator 100
mm dan dipasang pada sisi tail boom pada sudut 30° dari garis tegak silinder tail
boom. Instrumen penelitian berupa data visualisasi aliran udara pada penampang
tail boom yang berupa kontur tekanan dan garis kecepatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tail boom BO 105 dengan
menggunakan trapezoidal vortex generator memiliki hasil visualisasi kontur
tekanan yang lebih rendah pada permukaan tail boom dibandingkan dengan objek
lainnya, juga memiliki velocity streamline yang lebih baik pada aliran dan
sebarannya. Sehingga pada penelitian ini menghasilkan tail boom dengan
penggunaan trapezoidal vortex generator yang paling efisien dan efektif untuk
digunakan.

Kata kunci: Aerodinamika, Helikopter BO 105, Tail Boom, Vortex Generator,
ANSYS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aerodynamics, Helicopter BO 105, Tail Boom, Vortex Generator, ANSYS.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: D III Teknik Pesawat Udara
Depositing User: [error in script]
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:30
Last Modified: 06 Dec 2022 04:30
URI: https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/883

Actions (login required)

View Item
View Item