SURYA, PUTRA MAHA (2021) PENGARUH SIDE GAP PADA SPARK PLUG DENGAN VARIASI BENTUK TERHADAP NILAI TORSI DAN DAYA PISTON ENGINE. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA.
30418043-TA-PUB.pdf
Download (2MB)
Abstract
Sistem pengapian merupakan sistem penting dalam piston engine. Salah
satu komponen yang berperan penting pada sistem tersebut yaitu spark plug. Pada
spark plug umumnya panjang dari elektroda ground menutupi elektroda pusat.
Dampaknya arah rambatan pengapian pada spark plug terhalang oleh elektroda
ground itu sendiri. Selain itu, percikan api yang dihasilkan tidak terfokus pada
satu titik dan berpindah- pindah sesuai dengan panjang elektroda tersebut.
Akibatnya performa engine yang dihasilkan kurang optimal.
Dalam rangka meningkatkan performa engine, penulis mencoba
melakukan penelitian menggunakan metode side gapping pada spark plug dengan
variasi bentuk yaitu bentuk ujung potongan bentuk persegi, huruf U, dan lancip.
Dari penelitian ini, dapat dilihat pengaruh side gapping spark plug pada masing –
masing bentuk terhadap daya dan torsi yang dihasilkan oleh piston engine four
stroke dengan menggunakan dynamometer.
Dari hasil pengujian diketahui bahwa spark plug dengan side gapping
mampu menghasilkan pembakaran yang sempurna sehingga meningkatkan nilai
torsi dan daya piston engine. Nilai torsi dan daya engine yang paling besar
dihasilkan pada spark plug side gapping dengan bentuk ujung dilancipkan dengan
nilai 13.00 N.m pada 7000 RPM dan 14.93 HP pada 9250 RPM
Kata kunci : piston engine, spark plug, elektroda ground, side gapping, torsi,
daya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | piston engine, spark plug, ground electrode, side gapping, torque, power |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | D III Teknik Pesawat Udara |
Depositing User: | [error in script] |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 08:48 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 08:48 |
URI: | https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/911 |