PENGARUH SUDUT TEKUK (CANT) WINGLET MENGGUNAKAN AIFOIL NACA 2215 PADA AERODINAMIKA PESAWAT TERBANG

ABDI, BAGAS AJI (2021) PENGARUH SUDUT TEKUK (CANT) WINGLET MENGGUNAKAN AIFOIL NACA 2215 PADA AERODINAMIKA PESAWAT TERBANG. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA.

[thumbnail of 30418051-TA-PUB.pdf] Text
30418051-TA-PUB.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Airfoil Adalah sebuah struktur pada pesawat terbang yang digunakan
menentukan performa aerodinamika. Kinerja Airfoil pesawat terbang ditentukan
oleh nilai dari coefficient lift (CL) dan coefficient drag (CD). Terdapat perbedaan
tekanan udara pada bagian permukaan atas dan bawah airfoil untuk mendapatkan
gaya angkat. Maka dibuatnya winglet dengan sudut tertentu guna untuk mengatur
aliran udara pada airfoil tersebut.

Tujuan penelitian yang menganalisis sudut tekuk winglet ini terhadap
performa aerodinamika sayap pesawat, dengan variasi sudut tekuk winglet yang
akan digunakan yaitu 0
0
0
0
, 30
, 45
. Sehingga hasil peneitian tersebut dapat
membandingkan ketika memakai winglet dan tidak memakai winglet yang
mampu menambah performa aerodinamika tetapi harus mendapat nilai CL/CD
yang sesuai terlebih dahulu.

Kata Kunci: airfoil, koefisien lift, koefisien drag.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: winglet, cant bend, lift coefficient, drag coefficient.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: D III Teknik Pesawat Udara
Depositing User: [error in script]
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:34
Last Modified: 29 Dec 2022 04:34
URI: https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item
View Item