FEBRIANTO, ZULFIKAR ILHAM (2021) PENGARUH SUDUT TEKUK WINGLET TERHADAP KOEFISIEN LIFT PADA NACA 1410. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA.
30418072-TA-PUB.pdf - Published Version
Download (480kB)
Abstract
Taruna Politeknik Penerbangan Surabaya pada jurusan D3 Teknik Pesawat
Udara tepatnya. Pada kelas Airframe, Piston Engine, Gas Turbine Engine. Pada
materi pembelajaran ditemukan beberapa permasalahan dalam pemahaman materi
tentang performa aerodinamika penerbangan, yaitu Koefisien Lift dan Koefisien
Drag pada sayap menggunakan winglet. Winglet dapat memberikan peningkatan
performa dengan moderate cost tanpa violating discated spam limit dengan
pengembangan metode untuk desain dan analisi winglet telah menjadi focus dari
upaya penelitian yang telah berlangsung beberapa tahun terakhir.
Mengenai metode penelitian yang akan digunakan yaitu metode simulasi
cofisien lift dan coefisien drag dengan software ANSYS FLUENT. Winglet
meningkatkan efisiensi bahan bakar dan meningkatkan koefisien lift dan
mengurangi koefisien drag dengan menganalisa pengaruh adanya winglet dan non
winglet pada pesawat. Benda uji yang akan digunakan adala Airfoil NACA 1410
dan winglet yang di bending dengan (35,45,90) derajat. Rekayasa ukuran winglet
diuji menggunkan aplikasi dengan menggunakan perbandingan skala dengan
bentuk aslinya. Pembuatan penelitian ini dilakukan agar dapat mengetahui
coefisien lift dan drag yang terjadi terhadap penggunaan winglet.
Kata Kunci :CFD,NACA1410,winglet blended type , Aerodynamic
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CFD, NACA0012, blended type winglet, Aerodynamic |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Depositing User: | [error in script] |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 06:55 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 06:55 |
URI: | https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/940 |