SANDY, FEBRI KURNIA (2022) PENGARUH PERUBAHAN AIR DENSITY TERHADAP ENGINE LYCOMING IO-360-L2A CESSNA 172 SP DI AKADEMI PENERBANG INDONESIA BANYUWANGI. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA.
![[thumbnail of 30419003-TA-PUB.pdf]](https://repo.poltekbangsby.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
30419003-TA-PUB.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pesawat terbang merupakan alat transportasi yang sering digunakan
untuk menempuh jarak jauh dengan waktu yang relatif singkat. Menipisnya
sumber daya mineral memaksa manusia harus lebih efisien dalam
menggunakan bahan bakar. Pada uji eksperimen ini penulis bertujuan untuk
mengetahui air density dan waktu yang optimal dalam menghemat bahan
bakar di dunia penerbangan.
Dengan metode penelitian eksperimental yaitu mengambil data saat
melakukan run up engine lycoming IO-360-L2A pesawat cessna 172 S pada pagi
dan sore hari. Instrumen penelitian berupa ground run up cessna, aircraft
maintenance manual cessna 172 S, dan avco lycoming IO-360 . Pengolahan data
menggunakan metode tabel dan grafik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada temperature 24⁰C pada outside
temperature menunjukkan hasil engine instrument lebih optimal dengan oil press
65,6 psi ,oil temp 85⁰F, EGT 1035⁰F,CHT 160⁰F, fuel galon used 0,4 GPH, full
power throttle yaitu 2370 RPM.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pesawat Cesna 172S , Engine Lycoming IO-360 L2A, Air density, Ground run up cessna book, instrument engine. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | D III Teknik Pesawat Udara |
Depositing User: | Raihan Nugroho alteration |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 01:40 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 01:40 |
URI: | https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/1301 |