LAPORAN HASIL PENELITIAN STUDI NUMERIK DAN EKSPERIMENTAL PERBANDINGAN BENTUK VORTEX GENERATOR DENGAN POSISI STRAIGHT PADA WING AIRFOIL NACA 43018

Hariyadi, Setyo and Junipitoyo, Bambang and Suryono, Wiwid and Supriadi, Supriadi (2020) LAPORAN HASIL PENELITIAN STUDI NUMERIK DAN EKSPERIMENTAL PERBANDINGAN BENTUK VORTEX GENERATOR DENGAN POSISI STRAIGHT PADA WING AIRFOIL NACA 43018. Project Report. Politeknik Penerbangan Surabaya, E-Journal Perpustakaan Politeknik Penerbangan. (Unpublished)

[img] Text
Laporan hasil penelitian studi numerik dan eksperimental perbandingan bentuk vortex generator dengan posisi straight pada wing airfoil naca 43018.pdf - Published Version

Download (31MB)

Abstract

Pesawat terbang merupakan aplikasi ilmu mekanika fluida yang sangat memperhatikan aspek aerodinamika karena berkaitan dengan performa pada penerbangan. Satu hal penting yang harus diperhatikan dalam pendesainan suatu pesawat yaitu pemilihan airfoil dan modifikasinya. Modifikasi airfoil dilakukan untuk meningkatkan performasi dan airfoil. Hal ini dapat diindikasikan dengan tertundanya separasi aliran dan meningkatkan performa airfoil, salah satunya dengan vortex generator. Modifikasi pada airfoil dilakukan untuk meningkatkan performansi dari airfoil. Hal ini dapat diindikasikan dengan tertundanya separasi aliran yang melintasi permukaan atas dari airfoil. Dengan tertundanya separasi ini maka gaya lift akan semakin besar dan gaya drag akan semakin kecil. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penambahan vortex generator pada permukaan atas airfoil dapat menunda terjadinya separasi aliran. Hal ini disebabkan aliran lebih tahan melawan gaya gesek dan adverse pressure gradient. Topik yang dikaji dalam penelitian ini adalah aliran melintasi airfoil NACA 43018 dengan penambahan vortex generator. Airfoil NACA 43018 digunakan pada sayap pesawat terbang ATR 72. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan karakteristik aliran fluida dengan dan tanpa penambahan vortex generator. Profil vortex generator yang digunakan adalah flat plate vortex generator dengan konfigurasi straight dan ditempatkan pada x/c = 10% dan 20% arah chord line dari leading edge. Variasi yang digunakan adalah bilangan Reynolds (Re) dan sudut serang (a) pada airfoil. Kecepatan freestream yang digunakan yaitu kecepatan 12 m/s atau Re = 7.65 x 10⁵ dan kecepatan 17 m/s atau Re = 9 x 10⁵, dan pada sudut serang (a) 0°, 3°, 6°, 9°, 12°, 15°, 19°. dan 20°. Parameter yang dievaluasi meliputi koefisien tekanan (Cp), profil kecepatan, lift, drag, dan Rasio CL/CD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan performansi dari airfoil NACA 43018 dengan penambahan vortex generator dibandingkan dengan tanpa vortex generator. Adanya vortex generato, dapat menunda terjadinya separasi. Dengan penambahan vortex generator terjadi peningkatan lift sekitar 5% dan menaikkan drag sekitar 1,5%. Rasio CL/CD, meningkat sekitar 5 %.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: NACA airfoil 43018, vortex generators, pressure coefficient, the lift force, drag force
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: D III Teknik Pesawat Udara
Depositing User: Mr Perpustakaan Poltekbang Surabaya
Date Deposited: 27 Jan 2021 02:43
Last Modified: 22 Feb 2023 04:26
URI: http://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item View Item