KAJIAN PELAYANAN DAN FASILITAS PENUMPANG PENYANDANG DISABILITAS DI TERMINAL DOMESTIK BANDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR

TANTOWI, VRILO RAHMADANI (2021) KAJIAN PELAYANAN DAN FASILITAS PENUMPANG PENYANDANG DISABILITAS DI TERMINAL DOMESTIK BANDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA.

[thumbnail of 30618024-TA-PUB.pdf] Text
30618024-TA-PUB.pdf - Published Version

Download (816kB)

Abstract

Menurut undang – undang no 1 tahun 2009 bandar udara ialah sebuah
daerah di daratan atau perairan dengan batas-batas tertentu yang digunakan sebagai
tempat pesawat udara mendarat dan lepas landas, pertukaran penumpang, bongkar
muat barang, dan tempat perpindahan intra dan antarmoda transportasi, yang
dilengkapi dengan fasilitas keselamatan dan keamanan penerbangan, serta fasilitas.
Suatu bandara diyakini harus memenuhi kebutuhan bagi penyedia jasa yakni
maskapai dan mencakup kebutuhan bagi penumpang. Seluruh penumpang tanpa
terkecuali berhak mendapatkan pelayanan dan jasa yang tersedia termasuk bagi
penumpang yang berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas.
Menurut undang-undang 8 tahun 2016 penyandang disabilitas merupakan
orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan sensorik yang
dalam jangka waktu tertentu dapat mengalami hambatan apabila berinteraksi
dengan lingkungan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh serta efektif
dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak.
Jurnal penelitian ini dibuat dengan maksud mengkaji tentang tingkat
keoptimalan suatu bandara dalam menyediakan pelayanan dan fasilitas akses bagi
para penumpang penyandang disabilitas menggunakan penelitian kualitatif dengan
mendeskripsikan kasus yang terjadi dilapangan, selain itu adapun data yang dipakai
oleh penulis didapatkan atau dikumpulkan secara pribadi melalui dokumentasi serta
wawancara terhadap sampel dari populasi.
Dari data yang ditemukan serta kasus yang terjadi berdasarkan data tersebut
peulis menemukan adanya kekurangan pelayanan serta fasilitas di terminal
domestik bagi penumpang penyandang disabilitas. Maka dari itu, dibutuhkan
pelengkapan fasilitas serta peningkatan inovasi layanan. Di dalam penulisan ini,
penulis juga menggambarkan ide yang merupakan inovasi baru bagi penyandang
disabilitas agar mudah berpergian menggunakan moda transportasi pesawat.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan serta fasilitas di
terminal domestik Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar memerlukan
peningkatan pada sektor pelayanan dan juga fasilitas di terminal domestik agar
dapat mencakup penumpang penyandang disabilitas.

Kata kunci : Bandara, Pelayanan, Fasilitas,Inovasi, Disabilitas, Penumpang

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Airport, Service, Facility, Innovation, Disability, Passenger
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: D III Manajemen Transportasi Udara
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2023 04:49
Last Modified: 21 Jun 2023 04:49
URI: https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/1055

Actions (login required)

View Item
View Item