SALIM, MUHAMMAD AKBAR (2022) STUDI EKSPERIMEN UPAYA PENGURANGAN GAYA DRAG PADA TURBIN ANGIN SUMBU TEGAK UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA AERODINAMIKA. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA.
30419039-TA-PUB.pdf
Download (2MB)
Abstract
Dimple atau beberapa cekungan pada permukaan bola golf secara ilmiah
terbukti mampu meningkatkan laju pergerakannya di udara karena dapat menunda
separasi aliran yang melalui permukaan bola golf tersebut sehingga pressure drag-
nya lebih rendah. Mengingat torsi pada returning blade turbin Savonius berbanding
lurus dengan pressure drag, maka dapat dimodifikasi dengan metode yang sama
seperti bola golf yaitu menggunakan dimple pada permukaan cembungnya dengan
tujuan untuk menurunkan pressure drag, sehingga daya turbin angin meningkat.
Metode penelitian dilakukan dengan cara eksperimental dengan mendesign
3D model turbin Savonius dengan aspect ratio α=0.77, diameter blade d= 100 mm,
tinggi h=77 mm, kedalaman dimple pada returning blade k= 1 mm dan jarak antara
colomb dimple s= 14° relative terhadap titik pusat sudu turbin blade. Eksperimental
dilaksanakan pada Reynolds number Re= 3.15×10
dengan kecepatan V=5 m/s.
Analisa dilakukan dengan membandingkan RPM, Torsi, dan Daya pada turbin
konvensional dan turbin dengan dimple convex blade.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini dengan menggunakan dimple
RPM, Torsi dan Daya terbukti meningkat RPM = 8%, Torsi =28%, Daya =15 %.
karena pressure drag-nya berkurang. Terbukti dengan parameter ukur tersebut
meningkat maka telah terjadi pengurangan gaya drag sehingga penggunaan dimple
terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan performa aerodinamika turbin Savonius.
4
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dimple, turbin Savonius, gaya drag, aerodinamika |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | D III Teknik Pesawat Udara |
Depositing User: | Raihan Nugroho alteration |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 06:10 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 06:10 |
URI: | https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/1329 |