OPTIMALISASI AIRPORT PORTER SERVICE TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN AJI MUHAMMAD SULAIMAN SEPINGGAN BALIKPAPAN

MALINDA, NADYA AFKARINA (2023) OPTIMALISASI AIRPORT PORTER SERVICE TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN AJI MUHAMMAD SULAIMAN SEPINGGAN BALIKPAPAN. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA.

[thumbnail of PA_30620043.pdf] Text
PA_30620043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan Jasa Kebandarudaraan adalah jasa yang diberikan kepada
pengguna jasa bandar udara oleh penyelenggara bandar udara. dapat dijelaskan
bahwa petugas Airport Porter Service tidak memiliki tempat untuk standbay
ketika menunggu dalam melayani pengangkutan bagasi penumpang dan tempat
beristirahat yang disediakan secara resmi, masih terlihat petugas porter
beristirahat dengan tidak beraturan sehingga mengganggu keindahan/kerapian di
area sekitar bandara.
Untuk mewujudkan hal tersebut, maka penulis merancangkan konsep Porter
Service Counter untuk mengatur dan menata jasa porter dengan rapi dan bergilir
sesuai dengan urutan dan sesuai dengan harapan penumpang. Untuk menjawab
kebutuhan tersebut, Angkasa Pura 1 menyediakan personil Airport Porter Service
yang bersifat vendor (kerja sama) guna mempermudah penumpang dalam
pengangkutan bagasi ke dalam pesawat. Dalam PM 178 Tahun 20015 ada poin
bahwa kita harus menyediakan fasilitas pemberi kenyamanan pada penumpang,
salah satu fasilitas tersebut adalah kemudahan pengangkutan bagasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan fasilitas Airport Porter
Service terhadap Kepuasan Penumpang atas pelayanan pengangkutan bagasi
penumpang di Bandar Udara Internasioal Sultan Aji Muhammad Sulaiman
Sepinggan Balikpapan. Penelitian ini menggunakan metode penulisan deskriptif
kuantitatif. Menggunakan sumber data premier dan sekunder, dengan teknik
pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, kuisioner, dan studi pustaka yang
kemudian dianalisis dengan analisis regresi sederhana untuk mengetahui
hubungan atau pengaruh dari variabel yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Airport Porter Service di
Bandar Udara Internasioal Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan
Balikpapan menurut petugas dan penumpang telah berjalan dengan baik namun
masih perlu memperhatikan beberapa hal untuk meningkatkan pelayanan porter.
Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Airport Porter Service berpengaruh
signifikan terhadap Kepuasan Penumpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Jasa Kebandarudaraan, Kepuasan Penumpang, Airport Porter Service, PM 178 Tahun 2015
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: D III Manajemen Transportasi Udara
Depositing User: Raihan Nugroho alteration
Date Deposited: 19 Dec 2023 01:28
Last Modified: 19 Dec 2023 01:28
URI: https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/1472

Actions (login required)

View Item
View Item