Dr. Sudrajat, S.E., M.M., Meita Maharani Sukma, M.Pd. dkk (2023) Pengaruh Distance Learning Terhadap Hasil Belajar Approach And Area Control Procedures Taruna Prodi LLU Politeknik Penerbangan Surabaya. 000554285.
![[thumbnail of Penelitian Tahun 2022_Sudrajat.pdf]](https://repo.poltekbangsby.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Penelitian Tahun 2022_Sudrajat.pdf
Restricted to Registered users only until 29 November 2073.
Download (2MB)
![[thumbnail of Penelitian Tahun 2022_Sudrajat.pdf]](https://repo.poltekbangsby.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Penelitian Tahun 2022_Sudrajat.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan
penelitian deskriptif kuantitatif bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil
Pembelajaran Praktikum yang dilakukan secara daring dengan praktikum langsung di
Laboratorium APP pada taruna D3 LLU XII Politeknik Penerbangan Surabaya (2) Untuk
mengetahui pengaruh pembelajaran Jarak Jauh Aproach dan Area Control Prosedur
terhadap motivasi dan capaian hasil belajar taruna D3 LLU XII Politeknik Penerbangan
Surabaya (3)Untuk mengetahui hubungan kausal antara metode pengajaran praktikum di
laboratotium dan praktikum secara daring terhadap motivasi dan capaian hasil belajar
taruna D3 LLU XII
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Apakah Pembelajaran Praktikum
yang dilakukan secara daring memiliki perbedaan hasil dengan praktikum langsung di
laboratorium APP pada taruna D3 LLU XII Politeknik Penerbangan Surabaya?, (2) Apakah
Pembelajaran Jarak Jauh Aproach and Area Control Prosedur berpengaruh terhadap
motivasi dan capaian hasil belajar taruna D3 LLU XII Politeknik Penerbangan Surabaya?,
(3) Apakah terdapat hubungan kausal antara metode pengajaran praktikum di laboratotium
dan praktikum secara daring terhadap motivasi dan capaian hasil belajar taruna D3 LLU
XII?.
Metode yang digunakan dengan menggunakan adalah deskriptif kuantitatif
menggunakan teknik eksperimen semu data yang berhasil dikumpulkan kemudian
dianalisis dengan menggunakan metode independen sample t-Test yaitu uji yang digunakan
untuk menentukan apakah 2 sampel yang tidak berhubungan memiliki rata – rata yang
berbeda.
Hasil yang diperoleh adalah terdapat pengaruh metode pembelajaran jarak jauh
terhadap hasil belajar Taruna pada mata kuliah Approach Control Procedural yang memuat
perencanaan, pelaksanaan, hasil dan evaluasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1)
Taruna LLU XII pada kategori perencanaan dan persiapkan memiliki rata-rata yang tinggi
yaitu pada kategori menentukan perisapan pembelajaran yang akan digunakan didapatkan
persentase 73% dan kategori merasa memiliki tanggung jawab menghadiri pembelajaran
didapaatkan persentase 54%, (2) Taruna LLU XII pada kategori pelaksanaan memiliki rata-
rata yang tinggi yaitu pada kategori menerapkan strategi dalam exercise sesuai gaya belajar
masing-masing didapatkan persentase 57% dan kategori kebiasaan untuk penunjang dan
mengatasi masalah dalam pembelajaran didapaatkan persentase 60% (3) Tingkat
kemampuan Taruna LLU XII Politeknik Penerbangan Surabaya dalam
Pembelajaran Jarak Jauh Approach Prosedural pada kategori Hasil dan Evaluasi
memiliki rata-rata yang tinggi yaitu pada kategori Kebiasaan Setelah Selesai
Pembelajaran didapatkan persentase 67% tinggi dan kategori Evaluasi diri terhadap
hasil pembelajaran didapaatkan persentase sedang yaitu 50% tingi dan 50%. Sedang
Kata Kunci : Daring Learning, Strategi belajar belajar, Hasil belajar
Item Type: | Patent |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Politeknik Penerbangan |
Depositing User: | Mr Wahyudi poltekbangsby |
Date Deposited: | 27 May 2025 04:36 |
Last Modified: | 27 May 2025 04:36 |
URI: | https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/1749 |