IRAWAN, FERI (2021) ANALISA PENGARUH PERUBAHAN VARIASI E-GAP BREAKERPOINT TERHADAP OUTPUT TEGANGAN MAGNETO UNTUK PEMBELAJARAN DI POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA.
30418035-TA-PUB.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dunia otomotif saat ini berkembang semakin pesat, dengan adanya
teknologi yang canggih dan modern banyak usaha yang dilakukan untuk
menciptakan desain mesin baru yang mempunyai performa tinggi dan hemat
bahan bakar, ataupun sekedar meningkatkan performa mesin yang sudah ada.
Salah satunya dengan mengoptimalkan sistem pengapian, dimana sistem
pengapian konvensional (platina) yang dikombinasikan dengan perubahan variasi
E-gap breaker point.
Parameter ukur penelitian ini diperoleh secara visual berupa perbandingan
besar percikan bunga api pada setiap variasi E-gap breaker point. Hasil dari
penelitian ini diharapkan dapat mengetahui seberapa besar pengaruh perubahan Egap
breaker
point
terhadap
tegangan
output
yang
dapat
dilihat
dengan
visualisasi
spark
dan hasil data ukur dari voltmeter guna pembelajaran di Politeknik
Penerbangan Surabaya.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah tegangan output magneto tertinggi
yaitu pada jarak e-gap 0.012 inch (standart) apabila dibandingkan dengan jarak
e-gap 0.010 inch dan 0.008 inch (variasi). Dengan demikian, diketahui bahwa
perubahan jarak e-gap breaker point di magneto membuat tegangan output yang
dihasilkan semakin kecil sehingga membuat sistem pengapian tidak optimal.
Kata kunci : Sistem pengapian, percikan bunga api, , breaker point
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ignition system, sparks, , breaker point |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | D III Teknik Pesawat Udara |
Depositing User: | [error in script] |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 02:35 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 02:35 |
URI: | https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/903 |