ANALISIS PENGGUNAAN KONFIGURASI RUNWAY 03 DAN 31 DALAM KELANCARAN LALU LINTAS UDARA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDINMAKASSAR

PRATAMA, LUTFI HANDIKA (2021) ANALISIS PENGGUNAAN KONFIGURASI RUNWAY 03 DAN 31 DALAM KELANCARAN LALU LINTAS UDARA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDINMAKASSAR. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA.

[thumbnail of 30318013-TA-PUB.pdf] Text
30318013-TA-PUB.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Dalam pemberian pelayanan lalu lintas udara seorang Air Traffic
Controller harus mengutamakan keselamatan dan kelancaran pergerakan lalu
lintas. Konfigurasi runway yang diterapkan di Bandar Udara Sultan Hasanuddin
Makassar terjadi adanya penumpukan traffic departure menyebabkan
berkurangnya tingkat kelancaran di area pergerakan pesawat. Pada penggunaan
konfigurasi runway 03 dan 31 terdapat adanya pertemuan dari pesawat arrival
yang melalui rapid exit taxiway dengan pesawat departure di taxiway whiskey
papa menuju ke runway 31. Sehingga pergerakan pesawat menjadi terhambat
dan tidak aman untuk pesawat yang hold pada taxiway delta.
Penumpukan traffic departure sering terjadi disaat peak hours meski
telah diberlakukannya slot time. Slot time adalah jadwal waktu kedatangan
(arrival) dan keberangkatan (departure) yang dialokasikan oleh kordinator
ATFM untuk pergerakan pesawat pada waktu/tanggal yang ditetapkan yang
disesuaikan/diselaraskan dengan fasilitas bandara yang ada. Perlu adanya
pemerataan dengan mengalokasikan waktu ke jadwal yang lebih renggang
sehingga tidak terjadi penumpukan. Peningkatan koordinasi dengan APP
diperlukan untuk penambahan separasi antara pesawat yang akan departure dan
arrival, serta tidak mengintruksikan pesawat untuk hold pada taxiway delta
apabila telah terjadi penumpukan traffic departure, diharapkan mampu untuk
mengurangi masalah tersebut.
Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis di Bandar Udara
Internasional Sultan Hasanuddin Makassar diharapkan dapat memberikan
alternatif dari pemecahan masalah yang muncul karena pengaruh konfigurasi
runway. Penulis juga berharap penelitian ini bisa bermanfaat guna
meningkatkan keselamatan penerbangan dan terciptanya pelayanan lalu lintas
udara yang aman, nyaman, teratur, dan efisien di Bandar Udara Internasional
Sultan Hasanuddin Makassar.

Kata kunci : konfigurasi runway, penumpukan traffic, hold, rapid exit taxiway,
slot time

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: runway configuration, accumulation of traffic, hold, rapid exit taxiway, slot time
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: D III Lalu Lintas Udara
Depositing User: [error in script]
Date Deposited: 06 Jan 2023 08:09
Last Modified: 06 Jan 2023 08:09
URI: https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/993

Actions (login required)

View Item
View Item