FAADIHILAH, ALMER (2024) OPTIMALISASI PERFORMA AERODINAMIKA PADA FLAP AIRFOIL NACA 2412 DENGAN PENAMBAHAN RIBLETS. [Tugas Akhir] (Unpublished)
![[thumbnail of 30421004-PROYEK AKHIR NON FULL TEXT.pdf]](https://repo.poltekbangsby.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
30421004-PROYEK AKHIR NON FULL TEXT.pdf
Download (29MB)
Abstract
Perkembangan teknologi dalam dunia aerodinamika salah satunya
penelitian tentang airfoil.Telah banyak berbagai penilitian yang telah digunakan
untuk meneliti airfoil dalam berbagai konfigurasi flap sesuai dengan
penggunaanya. seiring dengan semakin berkembangnya zaman, penelitian semakin
mudah dilakukan tanpa menyita banyak waktu dan menghabiskan banyak biaya.
Karakteristik aerodinamika merupakan suatu hal yang sangat penting dalam
bidang ilmu aplikasi aerodinamika yang ditujukan untuk mendapatkan performansi
maksimum dari suatu bentuk airfoil. Oleh karena itu dalam hal ini penelitian
terhadap karakteristik aerodinamika suatu airfoil sangat diperlukan adanya guna
mendapatkan hasil berupa perkembangan konfigurasi airfoil dengan hasil output
gaya untuk performa yang lebih baik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan performansi
dari airfoil NACA 2412 dengan penambahan v-groove riblets dibandingkan dengan
tanpa v-groove riblets. Adanya v-groove riblets, dapat menunda terjadinya separasi.
Dari simulasi tersebut menunjukan peningkatan coefficient lift tertinggi terjadi pada
α = 14˚ dengan peningkatan sebesar 3% coefficient lift dan dapat mengurangi drag
sebesar 7.3% pada α = 2˚ sehingga dapat disimpulkan dengan menambahkan riblets
pada airfoil dapat meningkatkan performance dari Airfoil.
Kata kunci: Airfoil, NACA 2412, Riblets.
Item Type: | Tugas Akhir |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Airfoil, NACA 2412, Riblets. |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | D III Teknik Pesawat Udara |
Depositing User: | Mr Wahyudi poltekbangsby |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 06:58 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 06:58 |
URI: | https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/1825 |