NUGRAHA, PANDE GEDE KHRISNA PRATHAMA (2024) STUDI NUMERIK PADA AIRFOIL NACA SC(2)-0714 DENGAN PENAMBAHAN VORTEX GENERATOR JENIS TRIANGULAR STRAIGHT. [Tugas Akhir] (Unpublished)
![[thumbnail of 30421020-PROYEK AKHIR NON FULL TEXT.pdf]](https://repo.poltekbangsby.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
30421020-PROYEK AKHIR NON FULL TEXT.pdf
Download (20MB)
Abstract
Dalam dunia penerbangan, pengembangan teknologi pesawat terus
berkembang pesat untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, dan kinerja pesawat.
Salah satu aspek penting dalam desain pesawat adalah aerodinamika, yang
mempelajari perilaku udara saat melewati permukaan pesawat. Untuk memahami
dan memprediksi karakteristik aerodinamika pesawat, penggunaan model
matematis dan numerik sangat penting. Penambahan vortex generator pada profil
aerodinamis merupakan salah satu strategi inovatif untuk meningkatkan kontrol,
stabilitas, dan mengurangi drag pada pesawat.
Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah simulasi numerik untuk
memodelkan aliran udara di sekitar profil NACA SC(2)-0714 dengan dan tanpa
penambahan vortex generator menggunakan CFD (Computational Fluid Dynamic).
Jenis vortex generator yang digunakan adalah Triangular Vortex Generator dengan
panjang 8 mm, tinggi 4 mm, ketebalan 1 mm menggunakan konfigurasi Straight,
ditempatkan pada posisi pasang 20%, jarak antar vortex generator 40 mm. Variasi
yang digunakan adalah sudut serang pada airfoil yaitu 0º, 6º, 9º, 13º, 16º, dan 19º.
Analisis data kuantitatif yang melibatkan koefisien lift dan drag dilakukan untuk
membandingkan hasil aerodinamika dari kedua konfigurasi tersebut pada airfoil.
Selain menampilkan karakteristik secara kuantitatif, visualisasi aliran ditampilkan
secara kualitatif berupa velocity contour dan pressure contour.
Hasil penelitian pada sudut serang 13 º, airfoil tanpa vortex generator telah
terjadi separasi aliran udara. Sementara itu, pada airfoil dengan penambahan vortex
generator, separasi aliran terjadi pada sudut serang 16 º. Hal ini menunjukkan bahwa
penambahan vortex generator dapat menunda separasi aliran udara di permukaan
sayap. Berdasarkan hasil simulasi bahwa penggunaan vortex generator jenis
triangular dengan konfigurasi straight pada NACA SC(2)-0714 menyebabkan
penurunan koefisien drag sebesar 12%.
Kata kunci: aerodinamika, NACA SC(2)-0714, CFD, Triangular Vortex
Generator
iv
Item Type: | Tugas Akhir |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aerodinamika, NACA SC(2)-0714, CFD, Triangular Vortex Generator |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | D III Teknik Pesawat Udara |
Depositing User: | Mr Wahyudi poltekbangsby |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 01:15 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 01:16 |
URI: | https://repo.poltekbangsby.ac.id/id/eprint/1841 |